PENGUMUMAN: Dibuka pendaftaran bakal calon anggota DPRD Kabupaten Tegal, mulai 1 Januari s/d 28 Februari 2013. Info: Hubungi DPC PPP Kabupaten Tegal, telp.(0283)3275717 | Eko Mahendra Ridho

Follow Us

HEADLINE NEWS

H. Ismail Hasan Metareum, SH

04 Januari 2008


Perginya Sosok Teduh, Buya Ismail Hasan Metareum

Azan zuhur baru saja diserukan muazin, suaranya memancar dari menara. Keranda yang dipanggul pelan-pelan meninggalkan rumah yang berada di kompleks perumahan DPR Joglo, Jakarta Barat. "Semua yang bernapas akan mati," begitu arti untaian huruf Arab yang menempel kain bagian sisi keranda.
Di dalam keranda itu, jasad bekas Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Ismail Hasan Metareum dibaringkan tenang. Sabtu pekan lalu, saat jarum jam menunjuk 04.50 subuh, Buya meninggalkan fananya dunia setelah sepekan dirawat di Rumah Sakit Pelni Petamburan, Jakarta.

Teungku Cik-demikian orang Aceh memanggilnya sebagai penghormatan untuk ulama besar-belakangan memang sakit-sakitan. Bahkan cuci darah, yang telah dijalani selama ini akibat penyakit gagal ginjal, tak mampu menolak takdir akhirnya, pekan lalu.

Siang itu, seusai disembahyangi di Masjid Quba Joglo, jenazah Buya dibawa ke tempat peristirahatan terakhirnya Pemakaman Umum Tanah Kusir, Jakarta. Sejumlah tokoh politik, termasuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, melayat di rumah duka. "Kita kehilangan tokoh besar dalam pentas politik Indonesia," ujar Ketua Umum PPP Hamzah Haz.

Di mata Hamzah, Buya adalah sosok rendah hati dan berusaha tak mau menyakiti siapa pun. Juga terhadap diri Hamzah, walau sempat bersaing memperebutkan pimpinan tertinggi di Partai Ka'bah. Senada dengan Hamzah, bekas anggota DPR dari PPP Zain Badjeber memotret Buya Ismail sebagai sosok teduh. "Jika bicara, ia pelan, pidatonya tidak berapi-api," katanya kepada Tempo.

Meski penampilannya tenang, kalem, menurut Zain, bukan berarti Buya seorang penakut. Ia mencontohkan bagaimana kerasnya suara PPP mempersoalkan kecurangan yang dilakukan pemerintah Orde Baru terhadap hasil Pemilu 1992 di sejumlah daerah. Semua protes itu disuarakan lantang oleh Buya, padahal ketika itu situasi politik dan pemerintah dianggap masih represif. Alhasil, orang dekat Soeharto yang bekerja di Sekretariat Negara dan kelak menjadi menteri agama meneleponnya. "Intinya, Pak Ismail Hasan diminta untuk tidak neko-neko," kata Zain Badjeber sambil mengingat-ingat masa silam.

Ketika itu, masih menurut Zain, Buya menjawab teror itu dengan tenang, "Pemerintah jangan campur tangan. Ini urusan partai kami," tutur Zain Badjeber.

Pada Pemilu 1997, Buya kembali menunjukkan bukan sekadar ayam sayur dalam menghadapi penguasa Orde Baru. PPP kembali bersuara lantang mempersoalkan penyimpangan dan kecurangan selama pemilu oleh aparat penyelenggara, yang mengakibatkan kualitas pemilu buruk. Walau, setelah itu, seraya meminta maaf kepada pendukungnya, ia meneken hasil pemilu.

Buya dilahirkan dalam keluarga ulama di Metareum, Sigli, Kabupaten Pidie, Nanggroe Aceh Darussalam, pada 4 April 1929. Ayahnya, Teungku Hasan, memimpin pesantren di sana. Setelah menamatkan sekolah dasar dan lanjutan pertamanya di Aceh, ia melanjutkan sekolah lanjutan atas di Jakarta. Selesai SMA, ia masuk Fakultas Hukum Universitas Indonesia sampai lulus.

Ismail remaja pernah menjadi anggota Pelajar Islam Indonesia (PII) Banda Aceh. Setelah pindah ke Jakarta, ia dipercaya menjadi Wakil Ketua Pelajar Islam Indonesia (PII) cabang Jakarta. Ia pun melebarkan sayap aktivitas organisasinya dengan bergabung ke Himpunan Mahasiswa Islam. Di organisasi ini, ia pernah duduk sebagai wakil ketua umum dan bahkan ketua umum. Pada saat bersamaan, tahun 1955-1960, ia Ketua Komite Kerja Pemuda Islam In-donesia.

Karier politik dimulainya saat bergabung Partai Muslimin Indonesia (Parmusi) menjelang Pemilu 1971. Pada tahun yang sama ia terpilih sebagai anggota DPR. Ia pernah menduduki Wakil Ketua DPR/MPR. Buya juga dikenal sebagai guru. Ia pernah menjadi dosen Fakultas Hukum Universitas Indonesia serta dosen Fakultas Hukum Universitas Tarumanagara. Tahun 1984, Buya terpilih Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan hingga 1994. Dari perolehan kursi DPR, kepemimpinan Buya Ismail pun terbilang sukses. PPP mampu menambah jumlah kursi di DPR dari 61 menjadi 62 kursi (pada Pemilu 1992) dan melonjak dari 62 kursi menjadi 89 kursi (Pemilu 1997).

Biodata:
Nama : Ismail Hasan Metareum, SH
Lahir : Sigli, Aceh 4 April 1929
Meninggal : Jakarta, Sabtu 2 April 2005
Agama : Islam
Isteri : Mariani (Nikah 1959)

Anak :
Ratna Zahara
Nasaruddin
Hilman
Mustafa Basri
Taufiqurrahman

Jabatan Terakhir:
Wakil Ketua DPR/MPR

Pendidikan:
Fakultas Hukum Universitas Indonesia

Pekerjaan:
  1. Dosen/Dekan Fakultas Hukum Universitas Trisakti
  2. Anggota DPR RI
  3. Sekretaris Fraksi PPP
  4. Penasihat Fraksi PPP
  5. Ketua Komisi
  6. Ketua DPR/MPR

Organisasi:
  1. Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan (DPP PPP) dua periode 1989 hingga 1998
  2. Ketua Umum HMI (1957-1960)

Kegiatan Lain:
  1. Pemrakarsa Forum Keprihatinan untuk Aceh (1999)
  2. Penasihat Taman Iskandar Muda (komunitas masyarakat Aceh) di Jabotabek.
Penasihat Khusus Delegasi Indonesia pada Sidang Umum PBB di New York, AS (1978).
Bagikan:
Comments
0 Comments
 

© Copyright 2008-2013 DPC PPP Kabupaten Tegal | Design by Eko Mahendra Ridho | Powered by Blogger.com.