PENGUMUMAN: Dibuka pendaftaran bakal calon anggota DPRD Kabupaten Tegal, mulai 1 Januari s/d 28 Februari 2013. Info: Hubungi DPC PPP Kabupaten Tegal, telp.(0283)3275717 | Eko Mahendra Ridho

Follow Us

HEADLINE NEWS

Ray Rangkuti: Caleg yang Dimodali Pengusaha Sulit Berpihak pada Rakyat

27 Juni 2012


"Tidak mungkin orang mau mengeluarkan dana yang besar, bila tidak ada kepentingan di balik itu."

Jakarta - Direktur Lembaga Politik Lingkar Madani Ray Rangkuti mengemukakan, pemikiran partai politik yang membiayai calon legislatifnya sudah lama digagas.

"Tapi bila caleg dibiayai parpol berdasarkan dana para pengusaha, mereka akan sulit akan berpihak kepada rakyat. Pasalnya, apapun dana yang dikeluarkan pasti ada konsekuensinya," ujar Ray dalam diskusi Polemik Sindo "Jika Caleg Dibiayai Parpol" di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (23/6).

Dia mengemukakan, seharusnya yang membiayai caleg adalah rakyat pendukungnya. Sayangnya, di Indonesia hal ini tidak berlaku. Sebaliknya, banyak caleg yang akan menjadi anggota dewan harus mengeluarkan modal yang besar. Karenanya, tidak heran bila jadi terjadi transaksional dalam membuat kebijakan.

"Kalau caleg dibiayai para pengusaha melalui Parpol, pasti dia akan mengamankan para bohir-bohirnya. Tidak mungkin orang mau mengeluarkan dana yang besar, bila tidak ada kepentingan di balik itu," ujarnya.

Sementara itu, Anggota Badan Pekerja Indonesia Coruption Wacth (ICW) mengemukakan, seharusnya adanya transparansi dana yang dikeluarkan parpol dalam kampanye atau saat membiayai calegnya.

"Dalam Undang-Undang Pemilu tidak ada upaya Parpol mengatur persoalan dana kampanye. Ini yang menjadi pertanyaan, mengapa persoalan dana kampanye tidak diatur,"ujarnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Jenderal DPP Partai Nasdem mengakui, Partainya ingin memenangkan Pemilu 2014. Gerakan perubahan tidak akan terwujud, bila suara hanya  8-10 persen. Persentase sebesar ini tidak akan mempengaruhi apa-apa.

"Karenanya, Partai Nasdem akan merekrut caleg yang berpengaruh dan dikenal di masyarakat. Para caleg itu akan dibiayai dengan dana kampanye sebesar Rp 5-10 miliar percalegnya," ujarnya. (Jaringnews, 23 Juni 2012)
Bagikan:
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright 2008-2013 DPC PPP Kabupaten Tegal | Design by Eko Mahendra Ridho | Powered by Blogger.com.