PENGUMUMAN: Dibuka pendaftaran bakal calon anggota DPRD Kabupaten Tegal, mulai 1 Januari s/d 28 Februari 2013. Info: Hubungi DPC PPP Kabupaten Tegal, telp.(0283)3275717 | Eko Mahendra Ridho

Follow Us

HEADLINE NEWS

Gun Haryanto: Miskin Figur, Bukti Belum Adanya Parpol Modern

27 Juni 2012


Jakarta - Direktur Eksekutif The Political Literacy Institute, Gun Gun Haryanto, menyebut belum ada satu pun partai politik di Indonesia yang bisa dikategorikan sebagai partai modern.

Hal ini dibuktikan dengan minimnya figur parpol dalam Pemilu Legislatif, Pemilu Presiden, maupun Pemilihan Kepala Daerah.

"Dari sekian banyak partai politik di Indonesia, ternyata belum ada yang modern," kata Gun Gun dalam sebuah diskusi di kampus Universitas Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (6/6/2012).

Menurutnya sebuah partai dikatakan sudah modern, jika sudah memiliki dua hal. Pertama, berjalannya proses kaderisasi dan kedua adanya institusionalisasi di partai tersebut. "Kedua elemen itu harus ada, baru bisa dikatakan partai itu sudah modern," tuturnya.

Selama ini, kata dia, partai politik hanya menjalankan proses kaderisasi, namun melupakan institusionalisasi yang merupakan jati diri sebuah partai politik. Institutionalisasi ditandai dengan keberadaa partai yang lebih kuat dari kader.

Tidak modernnya sebuah partai, lanjut Gun Gun, menyebabkan partai politik menjadi feodal, oligarkis, dan traksional. "Hal ini sangat disayangkan dalam sebuah negara yang demokratis ini," tambahnya.

Pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah ini menambahkan, belum adanya modernisasi partai berimbas pada miskinnya tokoh yang bisa dicalonkan, saat Pemilihan Presiden (Pilpres), Pemilihan Legislatif (Pileg) dan pemilihan kepala daerah. (Okezone, 6 Juni 2012)
Bagikan:
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright 2008-2013 DPC PPP Kabupaten Tegal | Design by Eko Mahendra Ridho | Powered by Blogger.com.