PENGUMUMAN: Dibuka pendaftaran bakal calon anggota DPRD Kabupaten Tegal, mulai 1 Januari s/d 28 Februari 2013. Info: Hubungi DPC PPP Kabupaten Tegal, telp.(0283)3275717 | Eko Mahendra Ridho

Follow Us

HEADLINE NEWS

Ahmad Yani: Kerja Keras Wujudkan Mimpi

14 Februari 2012

Target 12 juta kader bisa berada pada dua kemungkinan. Bisa sekedar mimpina mun bisa juga menjadi kenyataan. Semuanya sangat bergantung pada usaha dan kerja keras komponen partai. Demikian yang dipaparkan Ahmad Yani, MH kepada BINA Persatuan saat meminta konfirmasi perihal target PPP kedepan. Berikut petikan hasil wawancara dengan kader PPP yang vokal ini.

Menurut Bang Yani, DPP PPP menargetkan 12 Juta kader itu mimpi atau realistis?

Bisa dua-duanya, kita menargetkan 12 juta bisa menjadi mimpi kalau tidak diikuti dengan kerja keras seluruh komponen partai, dimulai dari jajaran atas hingga jajaran bawah. Nah, oleh karena itu, kalau tidak diikuti dengan kerja keras dan cerdas maka dia akan menjadi mimpi dan utofia.

Tapi akan jadi kenyataan kalau diikuti dengan kerja keras dan cerdas seluruh jajaran partai mulai dari DPP sampai ke Ranting membumikan program-program kerja yang telah disusun berdasarkan keputusan-keputusan partai dalam hal yang menyentuh masyarakat dan umat.

Kalau itu dilakukan maka Insya Allah 12 juta itu bukan angka yang sulit, karena secara sosiologi dan historis 12 juta itu tidak begitu jauh angka yang pernah dicapai oleh PPP. Jadi bukan sesuatu yang baru, itu historis sekali. Saya mengasumsikan 12 juta ini suara yang akan dicapai seperti itu karena mungkin PPP dalam perspektif umat dan masyarakat yang selama ini tidak bisa lagi dianggap sebagai satu-satunya saluran politik umat Islam.

Bagaimana cara PPP menegaskan sebagai satu-satunya saluran politik umat Islam?
Caranya adalah dengan mengadakan kegiatan-kegiatan dalam bentuk kajian seremonial maupun yang substantif. Karena simbol dan substansi menurut saya tidak bisa dipisahkan, ibarat kita sholat itu ada peragaan simbolik dan ada juga nilai substansi dan itulah esensi ajaran Islam.

Dalam upaya meraih 12 juta kader, targetnya adalah umat Islam dengan berbagai paham dan keyakinan, bagaimana solusi menyatukannya?
PPP ini satu-satunya partai juga yang bisa mengakomodir berbagai macam aliran, pandangan, fiqih dalam Islam itu sendiri yang tidak tunggal. Dan oleh karena dia heterogen itulah maka kita menegaskan PPP ini rumah besar. Dan harus dibuka selebar lebarnya tidak hanya pintunya yang dibuka, tapi jendela-jendelanya juga harus dibuka itu yang pertama.

Yang kedua adalah kita juga betul-betul harus menyaring dan menjalin dalam melakukan komunikasi yang intens dan program-program kerja PPP dalam semua tingkatannya itu harus bisa menjadi program bersama.

Kerinduan masyarakat atau umat Islam ingin kembali kepada PPP sangat luar biasa, kerinduan ingin mengembalikan kejayaan PPP, tinggal kitanya mampu atau tidak kita menangkap isyarat-isyarat zaman itu sendiri.

Survei mengatakan bahwa kecenderungan masyarakat untuk memilih partai yang beridiologisasi itu semakin berkurang, menurut saya bukan karena idiologisasi itu yang semakin berkurang, bukan karena tingkat sekularisme orang Indonesia itu semakin berkurang. Nyatanya tingkat ketaatan dan tingkat kereligiusan dan keagamaan semakin meningkat, seharusnya berkorelasi positif.

Sekarang ini sedang hangat permasalahan Perda Miras, apa pendapat abang?
Diluar negeri yang mayoritas penduduknya Non Muslim saja, ada peraturan yang melarang anak di bawah umur membeli Miras. Jika hal itu terjadi maka penjual dan pembeli sama-sama mendapatkan sangsi hukum.

Miras tidak bedanya dengan narkoba, sama-sama membahayakan umat. Pada waktu Mendagri meralat/mensinkronkan Perda Miras kepada khalayak, kita (DPP PPP) telah menghimbau kepada wilayah dan cabang agar memasang baliho/spanduk sebagai media untuk mempertahankan Perda Miras tersebut.

Dengan adanya kejadian terakhir ini (Tabrakan maut di TuguTani, Red) maka menjadi keniscayaan adanya peraturan/undang-undang menjadi sangat mendesak, sehingga jangan sampai terulang lagi kejadian serupa dimasa mendatang.

Apa harapan abang terhadap Mukernas PPP di Lirboyo?
Saya berharap Mukernas dapat menghasilkan program kerja yang lebih fokus kepada target pencapaian 12 Juta kader, berdasarkan evaluasi partai selama ini. Karena sampai saat ini kita belum tahu system pemilu yang akan diterapkan pada Pemilu 2014 nanti, kebetulan saya bersama-sama Pak Arwani di Pansus RUU Pemilu, mudah-mudahan bulan maret ini selesai.

Sumber : Tabloid Bina Persatuan, Edisi XI/TH.I Februari 2012. hal. 10
Bagikan:
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright 2008-2013 DPC PPP Kabupaten Tegal | Design by Eko Mahendra Ridho | Powered by Blogger.com.