PENGUMUMAN: Dibuka pendaftaran bakal calon anggota DPRD Kabupaten Tegal, mulai 1 Januari s/d 28 Februari 2013. Info: Hubungi DPC PPP Kabupaten Tegal, telp.(0283)3275717 | Eko Mahendra Ridho

Follow Us

HEADLINE NEWS

Reni Marlinawati

30 Juni 2011


Sosok perempuan muslimah, muda, enerjik, dan penuh perhatian. itulah gambaran yang kita dapatkan dari Dr. Reni Marlinawati. Anggota parlemen dari salah satu partai Islam, Partai Persatuan Pembangunan, ini kini duduk di Komisi X (Sepuluh) DPR RI. Menghabiskan masa kecil dan mengenyam pendidikan dasar sampai menengah di kampung halamannya di Pelabuhanratu Sukabumi, Reni kemudian melanjutkan kuliahnya di IAIN (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung dengan mengambil program studi Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) sampai tamat tahun 1997, Reni melanjutkan ke jenjang pascasarjana dan berhasil meraih gelar doktor di bidang Manajemen Pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta pada tahun 2006. Menikah dengan Moehamad Amien, yang juga salah satu seniornya di Himpunan Mahasiswa Islam, Reni dikaruniai 3 (tiga) orang putra-putri, yaitu Alifia (14 tahun), Bariq (13), dan Tazkia (4,5 Tahun).

Meskipun masih muda, namun Reni telah berpengalaman menekuni berbagai bidang usaha. Reni yang pernah menjadi Ketua Umum Yayasan Cipta Insan Mandiri ini, merupakan Pendiri, Bendahara, sekaligus Liasion Government Borneo Tropical Rainforest Foundation (BTRF) Indonesia. Reni juga pernah menjadi dosen di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung dan sekarang masih tercatat sebagai dosen di Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta. Selain pengalamannya di bidang sosial tersebut, Reni juga mendirikan dua buah perusahaan dan sekaligus menjadi direktur utamanya. Sekarang Reni juga masih tercatat sebagai Ketua Umum Yayasan Suryakancana Sukabumi, dan aktif menjadi Pembicara dan Instruktur pada berbagai seminar dan Pelatihan.

Pernah aktif di HMI dan menjadi Ketua Umum Forum Mahasiswa Pascasarjana se-Indonesia, Reni juga merupakan Komite Penbankan Dewan Pimpinan Nasional Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Periode 2005-2010, Sekretaris Forum Dosen Swasta Seluruh Indonesia Periode 2005-2007, kini Reni tercatat sebagai Sekretaris di Pimpinan Kolektif Majelis Nasional KAHMI, Ketua di PARMUSI Periode 2010-2015 , ketua PP Wanita Persatuan Pembangunan (WPP) Periode 2007-2011, dan Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan Masa Bakti 2011-2015.

Sekarang Reni tercatat sebagai Anggota Komisi X DPR RI Fraksi Partai Persatuan Pembangunan dari Daerah Pemilihan Jawa Barat IV (meliputi Kabupaten dan Kota Sukabumi). Di Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (FPPP) DPR RI, Reni merupakan salah satu wakil sekretaris, sedangkan pada Alat Kelengkapan Dewan Reni adalah anggota Badan Musyawarah (BAMUS) DPR RI.

Dengan latar pendidikan doktoralnya tersebut, menjadikan Reni cukup vokal bersuara di komisi yang membidangi pendidikan, kebudayaan dan pariwisata, pemuda dan olahraga, serta perpustakaan nasional tersebut. Lahir dan besar di lingkungan yang taat beragama, menjadikannya sangat concern terhadap isu-isu moral yang saat ini tengah mengalami degradasi. Latar belakang menjadi aktivis di berbagai gerakan mahasiswa dan organisasi kemasayarakatan lainnya, menjiwai setiap gerakannya dan memberikan warna tersendiri pada sikapnya terhadap berbagai permasalahan bangsa.
Bagikan:
Comments
0 Comments
 

© Copyright 2008-2013 DPC PPP Kabupaten Tegal | Design by Eko Mahendra Ridho | Powered by Blogger.com.