PENGUMUMAN: Dibuka pendaftaran bakal calon anggota DPRD Kabupaten Tegal, mulai 1 Januari s/d 28 Februari 2013. Info: Hubungi DPC PPP Kabupaten Tegal, telp.(0283)3275717 | Eko Mahendra Ridho

Follow Us

HEADLINE NEWS

PPP Minta Kadernya Tingkatkan Nasionalisme

30 Juli 2012


Makassar — Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sulsel meminta kadernya meningkatkan rasa kebangsaan.

Hal itu diungkapkan melalui dialog kebangsaan dengan tema “Peran Parpol dalam Menjaga Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia”. Kegiatan itu digelar di Losari Resto & Cafe, baru-baru ini. Tampil sebagai narasumber, akademisi Prof Aswanto, Ketua Bappilu DPP PPP Fernita Darwis, dan Ketua DPW PPP Sulsel Amir Uskara.

Ketua Bappilu DPP PPP Fernita Darwis, menjelaskan tentang upaya-upaya parpol dan kondisi negara setelah orde baru dan setelah penetapan otonomi daerah (Otoda). Pasca orde baru dan penetapan otoda, rasa kebangsaan masyarakat mulai menurun. Bahkan, muncul berbagai persoalan bangsa yang dihadapi masyarakat.

“Saya melihat realitas politik lokal setelah otoda, muncul berbagai persoalan. Diantaranya, munculnya raja-raja kecil di pemerintahan dan masyarakat, munculnya konflik-konflik di daerah, meluasnya korupsi, serta kompetensi pejabat di daerah semakin berkurang,” ucapnya.

Untuk itu, dibutuhkan penyiapan sumber daya manusia (SDM) yang memadai serta perlunya peningkatan kapasitas dan akuntabilitas sebagai aktor lokal. Dalam hal ini, pemimpin dan pelaksana baik pemerintah dan swasta.

“Saya kira kita perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk mengelola dan mengalah demi kekuatan yang dimiliki. Manfaatkan peluang, serta atasi kelemahan dan ancaman,” jelasnya.

Selain itu, kader PPP harus mampu meningkatkan perannya di masyarakat. Khususnya, untuk terciptanya persepsi positif terhadap upaya pembangunan dan pemupukan sikap kreatif, inovatif, disiplin dan kerja keras, yang menjadi tujuan membangkitkan rasa kebangsaan tersebut.

Sementara, Ketua DPW PPP Amir Uskara, mengungkapkan, dialog digelar untuk membangkitkan kembali rasa kebangsaan kader-kader PPP terutama kepada para tokoh masyarakat.

“Kegiatan ini dilakukan untuk mengisi pengetahuan tokoh-tokoh masyarakat dan pengurus partai dalam meningkatkan kembali rasa kebangsaannya,” katanya.
 
Pasalnya, saat ini rasa kebangsaan masyarakat di Indonesia, khususnya di Sulsel sudah semakin menipis. Terbukti, banyaknya konflik-konflik horizontal yang terjadi di masyarakat. 

Selain Fernita, dialog juga dihadiri Wakil Sekjen Korwil Sulawesi, Maryam Tawil, pengurus partai kabupaten/kota, tokoh masyarakat dan anggota DPRD Sulsel dan Kabupaten/Kota asal PPP.
Bagikan:
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright 2008-2013 DPC PPP Kabupaten Tegal | Design by Eko Mahendra Ridho | Powered by Blogger.com.