PENGUMUMAN: Dibuka pendaftaran bakal calon anggota DPRD Kabupaten Tegal, mulai 1 Januari s/d 28 Februari 2013. Info: Hubungi DPC PPP Kabupaten Tegal, telp.(0283)3275717 | Eko Mahendra Ridho

Follow Us

HEADLINE NEWS

Kaji Partai Islam, Pengamat Terjebak Teori Clifford Geertz

05 Agustus 2012


Jakarta - Prediksi yang menyebut jebloknya suara partai Islam pada pemilu  2014 karena pengamat  terjebak dengan  pola pikir sosiolog Clifford Geertz.

Pendapat tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP), M Romahurmuziy, Minggu (4/8). 

"Mereka  yang  menyampaikan dikotomi partai Islam dan non Islam, sepertinya terjebak perangkap pola pikir sosiologis tahun 70-an yang dikembangkan Clifford Geertz," kata  Romahurmuziy di Jakarta, Minggu (5/8).

Pola pikir seperti itu, kata dia, sudah usang dan lebih baik ditinggalkan. "Mereka perlu memperbarui pola pikirnya," kata Romahurmuziy menambahkan.

Zaman sudah berubah  begitu juga  dalam panggung politik, lanjut Romahurmuziy, kini media jadi instrumen yang efektif untuk melakukan penetrasi politik secara  massif. Media dianggap alat kampanye politik yang paling bisa diandalkan.

Jadi, meski diprediksi bakal jeblok oleh para analis survei, Romahurmuziy mengaku tak terlalu risau. Dia percaya bisa jadi analisa penggiat survei dan pengamat politik itu terjungkir balik. Dia merujuk pada fakta  Pilkada DKI 2012 di mana lembaga survei gelagapan karena salah prediksi.

"Pilkada DKI membuktikan prediksi semua lembaga survei jungkir balik dengan kenyataan," katanya.

Bahkan, menurut Romahurmuziy yang terjadi saat iniadalah hal yang sebaliknya. Ada semacam gelombang kebangkitan dari keinginan para pemimpin politik Islam untuk bersatu dalam satu barisan. "Itu yang terbaca dari para pemimpin Islam," kata Romi.

Romahurmuziy mengaku lebih santai menyikapi berbagai prediksi karena survei yang dipakai sebagai pisau analisa adalah penelitian hari sedangkan 2014 masih jauh.

Kolega Romi di PPP,  Joko Purwanto juga satu pandangan. Joko tak khawatir suara PPP bakal jeblok seperti prediksi para analis survei. Meski demikian, hasil survei tetap jadi bahan untuk evaluasi.

"Ya jadikankan saja itu sebagai pemacu  semangat," tegas Joko yang menjabat Wasekjen PPP itu. (Skalanews, 5 Agustus 2012)
Bagikan:
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright 2008-2013 DPC PPP Kabupaten Tegal | Design by Eko Mahendra Ridho | Powered by Blogger.com.