PENGUMUMAN: Dibuka pendaftaran bakal calon anggota DPRD Kabupaten Tegal, mulai 1 Januari s/d 28 Februari 2013. Info: Hubungi DPC PPP Kabupaten Tegal, telp.(0283)3275717 | Eko Mahendra Ridho

Follow Us

HEADLINE NEWS

DPC PPP Kabupaten Tegal Menyongsong Pemilu 2014 (Bagian Ketiga, Habis)

30 Juni 2012

Disampaiakan dalam Acara FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) DPW PPP JAWA TENGAH Pada Tanggal 3 Juni 2012 di Semarang
 

1.      IV. Program Kerja Partai
Disamping program-program rutin yang sudah berjalan seperti Muskercab, peringatan harlah PPP, pengajian akbar, konsolidasi, silaturrahim, dan sosialisasi melalui media massa maupun alat peraga, DPC PPP Kabupaten Tegal Periode 2010-2015 telah berhasil menyelesaikan beberapa program kerja partai yang masuk dalam skala prioritas, diantaranya;

a.      Pembangunan Gedung Kantor
Menempati lokasi yang sangat strategis di pusat kota Slawi, kantor DPC PPP Kabupaten Tegal telah diresmikan oleh Ketua DPW PPP Jawa Tengah pada tanggal 8 Januari 2012. Saat ini, kantor DPC PPP Kabupaten Tegal adalah satu-satunya kantor partai termegah di Kabupaten Tegal.

b.      Pencalegan
Sesuai batas waktu yang telah ditetapkan, DPC PPP Kabupaten Tegal telah mengirimkan daftar nama-nama bakal calon anggota DPRD sebanyak 40 berkas untuk tingkat DPRD Kabupaten dan 3 berkas untuk tingkat DPRD Propinsi. Berkas-berkas tersebut telah dikirim ke DPP PPP di Jakarta, dengan tembusan kepada DPW PPP Jawa Tengah di Semarang.

Jumlah berkas tersebut tentu saja belum memenuhi harapan kami. DPC PPP Kabupaten Tegal memang mentargetkan kenaikan perolehan kursi DPRD pada Pemilu Legislatif 2014 minimal sebanyak 100%. Jika sekarang memiliki 3 kursi, maka kami berharap Pemilu yang akan datang dapat meraih minimal 6 kursi dan perolehan suaranya merata disetiap daerah pemilihan. Untuk meriah target tersebut, kami mensyaratkan pada setiap dapil terdapat 10 calon. Sehingga secara keseluruhan kami memiliki minimal 60 calon anggota legislatif yang akan kami tempatkan pada 6 daerah pemilihan yang tersedia.

Untuk itu, sampai saat ini DPC PPP kabupaten Tegal masih membuka pintu bagi masyarakat Kabupaten Tegal yang berminat mencalonkan diri pada Pemilu 2014 melalui PPP. Kegiatan rekruitmen bakal calon anggota legislatif yang sudah kami lakukan diantaranya melalui; instruksi ke PAC, silaturahim dengan ormas, pendekatan personal ke tokoh-tokoh potensial di Kabupaten Tegal, dan sosialisasi pada saat konsolidasi.
  
c.       Penataan PAC dan Ranting
Saat ini DPC PPP Kabupaten Tegal sedang melakukan konsolidasi organisasi di tingkat PAC dan PR. Sampai tanggal 31 Mei 2012 sudah terlaksana konsolidasi di 8 PAC dari 18 PAC yang ada. Target kami, pada bulan Juni 2012 semua kecamatan telah selesai melakukan penataan organisasi dan dilanjutkan konsolidasi di tingkat ranting antara bulan Juli 2012 sampai dengan September 2012.

Penataan ini kami lakukan sebagai upaya partai melakukan perbaikan kinerja mesin partai. Sekaligus mengukur sejauhmana persiapan partai menghadapi Pemilihan Gubernur Jateng 2013, Pemilihan Bupati Tegal 2013 dan Pemilu Legislatif 2014.  Karena itu, Penataan PAC dan PR kami targetkan selesai pada tahun ini.

Dalam kegiatan ini, DPC PPP Kabupaten Tegal juga mentargetkan pembentukan Pengurus Ranting baru di desa/kelurahan yang belum terdapat kepengurusan PPP.

d.      Pembentukan Angkatan Muda Ka’bah (AMK)
Sesuai hasil Muskercab tahun 2011, DPC PPP Kabupaten Tegal pada bulan Juni 2012 ini akan membentuk organisasi sayap partai khusus pemuda, yakni Angkatan Muda Ka’bah (AMK). Organisasi ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi kader-kader muda PPP untuk mengaktualisasikan dirinya dalam bentuk kegiatan-kegiatan kepemudaan yang akan difasilitasi oleh DPC PPP Kabupaten Tegal.

Setelah terbentuk di tingkat kabupaten, DPC PPP Kabupaten Tegal akan terus mendorong pengurus AMK tingkat cabang untuk membangun jaringan kepengurusan dari tingkat kecamatan sampai ranting.

Dalam jangka panjang, AMK diharapkan dapat menjadi wadah kaderisasi partai yang akan meneruskan estafet kepemimpinan partai di masa depan. AMK sekaligus diharapkan menjadi pintu masuk bagi para pemilih pemula agar tertarik dan masuk menjadi anggota PPP.

Untuk mensukseskan program ini, DPC PPP Kabupaten Tegal sudah menginstruksikan kepada PAC untuk mengirim minimal 2 (dua) nama pemuda/pemudi yang memiliki latar pengalaman organisasi, baik organisasi keagamaan, organisasi kemasyarakatan, maupun organisasi kemahasiswaan/sekolah. Sampai dengan batas waktu yang ditentukan, yakni pada tanggal 31 Mei 2012, alhamdulillah semua PAC telah mengirimkan nama-nama tersebut. Dan sesuai hasil verifikasi data, hampir 70% nama yang masuk berlatar pendidikan mahasiswa/sarjana dengan spesifikasi yang kita harapkan.

e.      Pembentukan Forum Kiai/Ustadz
Tidak berbeda jauh dengan program Pembentukan AMK, DPC PPP Kabupaten Tegal juga sedang berupaya memfasilitasi terbentuknya Forum Kiai/Ustadz.

Forum ini menjadi strategis bagi PPP sebagai wadah bagi para kiai/ustadz ikut serta membesarkan PPP Kabupaten Tegal. Melalui forum ini, para kiai/ustadz akan difasilitasi oleh DPC PPP Kabupaten Tegal untuk berkegiatan rutin minimal sebulan sekali di kantor partai. Secara pragmatis, kami berharap para santrinya ikut mendukung dan membesarkan PPP pada Pemilu 2014.

Forum ini sesuai rencana akan dibentuk pada bulan Juli 2012. DPC PPP Kabupaten Tegal telah mengirim surat instruksi ke setiap PAC untuk mengirimkan minimal 1 (satu) nama kiai/ustadz, baik sudah pernah aktif di partai politik lain maupun belum pernah terlibat dalam kegiatan politik praktis. Dan alhamdulillah, meskipun batas waktu pengiriman nama-nama baru akan berakhir pada tanggal 15 Juni 2012, akan tetapi sekitar 40% PAC sudah mengirimkan nama-nama tersebut.

f.        Fasilitasi Kegiatan Wanita Persatuan Pembangunan (WPP)
Salah satu kegiatan organisasi sayap partai yang paling eksis dan terus berjalan sampai saat ini, khususnya dalam bentuk pengajian rutin setiap bulan, adalah Wanita Persatuan Pembangunan (WPP). Kepengurusan WPP di Kabupaten Tegal telah terbentuk di semua kecamatan dan sudah ada beberapa kepengurusan di tingkat ranting. Meskipun demikian, ranting-ranting yang ada mampu secara mandiri melakukan kegiatan pengajian rutin mingguan (jamiyah) di desanya masing-masing dengan  jumlah keanggotaan mencapai ratusan anggota. Tak heran jika saat PC WPP Kabupaten Tegal menyelenggarakan pengajian akbar memperingati hari besar Islam, maka pengunjungnya bisa mencapai ribuan orang.

Peran DPC PPP Kabupaten selama ini adalah membantu dalam hal pendanaan serta ikut membantu suksesnya kegiatan-kegiatan besar yang diselenggarakan oleh WPP.

Kedepan, dan ini sudah disampaikan kepada pengurus PC WPP Kabupaten Tegal, kami mengajak WPP untuk bekerjasama membangun gedung pertemuan/aula pengajian di sisa tanah yang terletak persis dibelakang kantor DPC PPP Kabupaten Tegal.

g.      Database Pengurus/Kader
Disamping beberapa program prioritas sebagaimana tersebut diatas, salah satu program prioritas DPC Kabupaten Tegal yang harus tuntas pada tahun 2012 ini adalah membangun database pengurus/kader.

Dalam program ini, DPC PPP Kabupaten Tegal akan menghimpun datadiri setiap pengurus (Pengurus Harian DPC, Majelis Syariah, Majelis Pertimbangan, Majelis Pakar, Bagian, Lembaga, Forum Kiai/Ustadz, WPP, AMK, Pengurus Harian PAC, MPAC, Pengurus Harian PR, anggota partai, dll.). Data-data tersebut meliputi nama, alamat, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, nomor telpon/HP, dll.

Harapannya, data-data tersebut akan kita simpan kedalam folder data yang sesuai dengan daerah/wilayah masing-masing. Karena data-data tersebut tersimpan dalam folder yang sesuai dengan daerah/wilayah masing-masing, maka kita akan dengan mudah melakukan penelusuran data. Misal, ketika kita akan melihat berapa jumlah kader PPP di desa X kecamatan Y daerah pemilihan Z, maka akan dengan mudah dan cepat kita ketahui hasilnya.

Kegiatan membangun database ini penting karena paling tidak dapat kita gunakan untuk keperluan sebagai berikut:
-       Kartu Tanda Anggota
Dengan data ini, secara otomatis setiap pengurus/kader/anggota partai di Kabupaten Tegal akan dibuatkan Kartu Tanda Anggota (KTA).

-       Rekruitment Saksi dan Pelaporan
Database ini akan memudahkan kami dalam rekruitmen saksi. Disisi lain, sebelum saksi melaporkan secara langsung hasil perhitungan suara dengan cara menyerahkan formulir berita acara perhitungan suara di TPS, kami dapat secara cepat meminta saksi melaporkan secara tertulis melalui SMS. Ini biasanya dibutuhkan dalam kondisi geografis tertentu.

-       Rekruitmen Kader Penggerak Partai Berbasis TPS
DPC PPP Kabupaten Tegal dapat meminta pengurus/kader/anggota di tiap desa untuk membantu kepentingan rekruitmen Kader Penggerak Partai Berbasis TPS/tingkat RT dan RW.

-       Sumber Data bagi Caleg
Setiap caleg di semua tingkatan dapat meminta data-data pengurus/kader/anggota partai kepada DPC PPP Kabupaten Tegal untuk kepentingannya di daerah pemilihan caleg bersangkutan.

-       SMS Center
DPC PPP Kabupaten Tegal secara temporer dapat menginformasikan kegiatan-kegiatan partai kepada semua pengurus/kader/anggota partai. Atau menyampaikan undangan, himbauan dan instruksi yang bersifat mendesak kepada semua pengurus.

h.      Pelatihan Kader dan Pembekalan Caleg
DPC PPP Kabupaten Tegal sampai saat ini belum melakukan pelatihan kader dan pembekalan Caleg. Kemungkinan kami baru bisa melaksanakannya paling lambat mulai awal tahun 2013, atau setelah kami mengikuti Training of Trainer (TOT) yang akan diselenggarakan oleh DPW PPP Jawa tengah.

2.      V. Beberapa Permasalahan
Untuk dapat menaikkan suara/kursi DPRD minimal sebanyak 100% pada Pemilu Legislatif 2014 ada beberapa permasalahan yang menghadang, diantaranya;
a.      Besarnya biaya suksesi program kerja partai untuk menjangkau sampai ke tingkat desa/kelurahan.
b.      Minimnya minat masyarakat mencalonkan diri dalam pemilu legislatif melalui PPP.
c.       Sebagian besar bakal calon legislatif yang terdaftar masuk dalam kategori kelas ekonomi menengah kebawah, sementara pemilu 2014 berdasarkan suara terbanyak.
d.      Sumber Daya Manusia aparatur partai.
e.      Wakil-wakil partai di eksekutif maupun di legislatif selama ini tidak optimal dalam memanfaatkan peluang banyaknya program pemerintah yang dapat di manfaatkan untuk menarik simpati/dukungan masyarakat. Akibatnya kiprah PPP tidak terlihat di masyarakat secara luas. Sementara partai lain gencar melakukannya dengan kinerja yang terukur dan terstruktur.
f.        Fenomena politik uang.
g.      Fenomena persaingan tidak sehat antar caleg PPP di daerah pemilihan yang sama.
h.      Saksi pemilu dengan segala variabelnya.

3.      VI. Problem Solving
Forum Group Discussion (FGD) ini diharapkan dapat menjadi ajang diskusi, kajian, sharing yang pada akhirnya dapat merumuskan taktik dan strategi demi sukses PPP pada Pemilu Legislatif 2014. Semoga.

4.      VII. Penutup
Demikian paparan singkat tentang potensi, program yang sudah, sedang, dan akan berjalan, serta tantangan dan hambatan DPC PPP Kabupaten Tegal dalam menghadapi Pemilu Legislatif tahun 2014.
 
DPC PPP Kab. Tegal
Bagikan:
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright 2008-2013 DPC PPP Kabupaten Tegal | Design by Eko Mahendra Ridho | Powered by Blogger.com.