PENGUMUMAN: Dibuka pendaftaran bakal calon anggota DPRD Kabupaten Tegal, mulai 1 Januari s/d 28 Februari 2013. Info: Hubungi DPC PPP Kabupaten Tegal, telp.(0283)3275717 | Eko Mahendra Ridho

Follow Us

HEADLINE NEWS

Mungkinkah PPP Capreskan Ketua Umumnya?

14 Januari 2013


 Oleh: Joko Dwi Cahyana* 
Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tengah mempersiapkan calon presiden dan wakil presiden yang akan didukung dalam pemilihan presiden 2014. Menteri Agama Suryadharma Ali salah satu yang diunggulkan menjadi calon presiden usungan PPP. Ketua Umum PPP tersebut mendapat dukungan kuat untuk maju menjadi calon presiden di 2014 oleh para pengasuh pondok pesantren se Indonesia. Karena dia dinilai kaya pengalaman dan kepemimpinan serta memiliki sikap tegas dan paham terhadap karakteristik umat Islam serta umat agama lain di Indonesia.

Hingga kini, PPP masih merupakan koalisi pendukung pemerintahan SBY – Boediono. Partai Persatuan Pembangunan akan membahas calon presiden 2014 di Musyawarah Kerja Nasional Partai Persatuan Pembangunan 2013. ada dua agenda utama mukernas kali ini. yaitu, melakukan pembahasan mengenai program strategis partai yang baru diluncurkan. Kemudian, membahas strategi agar PPP menangkan pemilihan umum dan pemilihan presiden 2014.

Berdasarkan survey beberapa nama yang dinilai pantas untuk diusung menjadi calon presiden pada pemilihan presiden 2014. Nama - nama tersebut berasal dari internal dan dari eksternal partai. Untuk internal, Ketua Umum PPP, Suryadharma Ali masih mendominasi pilihan kader. Sedangkan untuk tokoh dari eksternal, rata - rata nama yang masuk yaitu mereka yang masih dan sudah mendapat dukungan dari partai - partai lain. Antara lain, Megawati Soekarnoputri, Prabowo Subianto, Aburizal Bakrie, dan Hatta Rajasa.

Partai berlambang Kabah ini memprioritaskan mengusung Suryadharma Ali menjadi calon presiden pada Pemilihan Presiden 2014. Untuk mempersiapkan itu, saat ini DPP PPP telah membentuk Lembaga Pemenangan Pemilu Presiden yang dikomandani oleh Bapak Lukman Hakim Saefudin. Menurut Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu PPP bahwa partainya akan lebih berkonsentrasi memenangkan pemilu legislatif 2014 daripada buru-buru menetapkan calon presiden - wakil presiden yang akan diusung partai itu.

Saat ini PPP memantau sejumlah nama yang potensial untuk dijadikan kandidat calon presiden – wakil presiden yang akan diusung di Pemilihan presiden 2014 mendatang. Nama - nama yang dipantau itu antara lain Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua MK Mahfud MD, Mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan Khofifah indar Parawansa, Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan, hingga Ketua Umum PPP Suryadharma Ali. Sambil memenuhi syarat raihan suara pemiilihan umum seperti  dinyatakan dalam Undang – Undang Pemilihan Presiden. PPP konsentrasi memenangkan pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah.

Sementara itu, Ketua DPC PPP Kabupaten Pekalongan mengatakan bahwa dirinya belum mengetahui persis apakah mantan menteri koperasi dan UKM itu mau maju pada Pilpres 2014 karena hingga kini belum ada keputusan resmi dariparta berlambang Kabah itu.
Sehubungan dengan hal ini Ketua Umum PPP Suryadharma Ali menuturkan partainya sangat terbuka mengusung siapa pun menjadi capres atau cawapres. Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan Syaifullah Tamliha menegaskan Surya­dharma Ali merupakan figur utama capres PPP untuk Pemilihan Presiden 2014. Ma­yo­ritas PPP menginginkan Pak Suryadharma men­jadi calon presiden.

Sekretaris Jenderal PPP Romahurmuziy menyatakan partainya akan berupaya keras mendongkrak nama Suryadharma. Menurut Romi, panggilan Romahurmuziy, upaya mendongkrak nama Suryadharma juga akan dilakukan melalui publikasi di media massa. Belakangan Menteri Agama itu kian sering tampil di media massa, terutama televisi. PPP juga sudah melakukan survei internal untuk melihat elektabilitas Suryadharma sebagai calon presiden. Partai Persatuan Pembangunan saatnya membuka pintu lebar-lebar mengusung calon presiden dalam Pemilu 2014 dari kalangan muda mampu memimpin bangsa.

Masukan itu disampaikan oleh politisi senior yang pernah menjabat Ketua Dewan Pertimbang PPP Bachtiar Chamsyah menegaskan Ketua Umum PPP Suryadharma Ali mengubur obesinya menjadi capres dari PPP. Mantan Menteri Sosial ini mengakui, untuk menyiasati partai Islam tetap memiliki fans pada Pemilu 2014, mau tidak mau menggaet harus kalangan muda. Pasalnya, banyak kalangan muda yang dikenal publik selama ini yang mampu memimpin negeri ini.

*Joko Dwi Cahyana (Kompasianer, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN "Veteran" Yogyakarta)
Bagikan:
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright 2008-2013 DPC PPP Kabupaten Tegal | Design by Eko Mahendra Ridho | Powered by Blogger.com.