PENGUMUMAN: Dibuka pendaftaran bakal calon anggota DPRD Kabupaten Tegal, mulai 1 Januari s/d 28 Februari 2013. Info: Hubungi DPC PPP Kabupaten Tegal, telp.(0283)3275717 | Eko Mahendra Ridho

Follow Us

HEADLINE NEWS

Pilgub Jateng: Tokoh Sipil Sulit Pimpin Jateng?

03 Agustus 2012


Semarang - Wacana Gubernur Jateng periode 2013-2018 bukan dari tokoh militer, nampaknya masih sulit diwujudkan karena masyarakat masih mengidolakan sosok militer.

Hal ini diungkapkan Pengamat politik Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Drs Moh Yulianto MSi, kepada Solopos.com, Kamis (2/8/2012). Masyarakat Jateng, ujar ia, saat ini masih membutuhkan figur tokoh militer sebagai gubernur sebab dinilai bisa menjamin stabilitas keamanan. ”Masih sulit mewujudkan Gubernur Jateng bukan dari tokoh militer,” katanya menanggapi wacana Gubernur Jateng mendatang dari tokoh sipil.

Wacana Gubernur Jateng mendatang dari tokoh sipil dilontarkan Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane. Yulianto menyatakan, masyarakat masih menilai sosok militer yakni tegas dan disiplin, sehingga bisa memberikan garansi stabilitas keamanan. Di samping itu sosok militer juga orangnya terbuka, kalau bicara apa adanya. ”Sosok semacam ini (militer), masih disukai masyarakat Jateng,” imbuhnya.

Lebih lanjut dosen FISIP Undip ini menyatakan, pada pemilihah gubernur (Pilgub) Jateng 2008 silam pernah melakukan penelitian mengenai persepsi masyarakat terhadap tokoh militer yang maju sebagai calon gubernur (Cagub). Hasilnya, masyarakat ternyata masih mengingingkan tokoh militer sebagai gubernur. Dan hasilnya mantan Pangdam IV/Diponegoro dan Pangkostrad, Bibit Waluyo terpilih sebagai Gubernur Jateng.

”Saya kira pada era demokrasi yang terbuka ini sudah tak perlu lagi melakukan dikotomi antara tokoh militer dan sipil,” tandasnya.

Menurut ia, belum tentu kalau Gubernur Jateng dari tokoh sipil nantinya lebih baik dibandingkan tokoh militer.

”Karena ada tokoh sipil yang lebih otoriter dibandingkan tokoh militer,” kata Yulianto.

Sementara Wakil Ketua DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jateng, Istajib AS, enggan memberikan komentar tentang wacana gubernur mendatang bukan dari militer.

”Saya tak berkomentar masalah ini, nanti malah menyinggung salah satu pihak,” ujar dia. (Sragen Pos, 2 Agustus 2012)
Bagikan:
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright 2008-2013 DPC PPP Kabupaten Tegal | Design by Eko Mahendra Ridho | Powered by Blogger.com.