PENGUMUMAN: Dibuka pendaftaran bakal calon anggota DPRD Kabupaten Tegal, mulai 1 Januari s/d 28 Februari 2013. Info: Hubungi DPC PPP Kabupaten Tegal, telp.(0283)3275717 | Eko Mahendra Ridho

Follow Us

HEADLINE NEWS

SDA: PPP Dukung NU Fatwakan Haram Money Politic

13 September 2012


Jakarta - Menteri Agama Suryadharma Ali menyatakan dukunganya terhadap gagasan yang datang dari Nahdlatul Ulama (NU) terkait fatwa haram praktek money politic. Karena usulan tersebut akan menunjang proses demokrasi dapat berjalan dengan baik dan sehat.

"Tentu mendukung. Jadi kalau diformalkan sangat bagus untuk bisa mengingatkan seluruh masyarakat. Fatwa ini sangat bagus dan kita harapkan bisa diterapkan di semua tempat," jelasnya kepada wartawan di DPR, Jakarta, Kamis (13/9/2012).

Dengan adanya usulan tersebut, menurut Suryadharma, akan mendorong lahirnya tokoh-tokoh politik yang bersih dan tidak tergantung atau mengandalkan kekuatan uang semata.

"Jadi tampilnya tokoh-tokoh politik atau rekruitmen tokoh-tokoh politik di masyarakat bukan berdasarkan uang, tetapi berdasarkan kemampuan yang bersangkutan," sambungnya.

Namun Suryadharma mengakui bahwa siapa pun tidak bisa memaksa seseorang untuk mengikuti aturan tersebut. Sebab, jika menyangkut halal atau haram merupakan murni urusan personal yang berkaitan dengan keyakinanya masing-masing.

"Ketika fatwa itu dikeluarkan itu menjadi pilihan. Orang boleh mengikuti fatwa itu, boleh juga meninggalkan fatwa itu. Pada tahap seperti itu adalah pertanggung jawaban dia kepada Tuhan, begitu," ujarnya.

Selain itu, Suryadharma yang juga Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini tidak dapat memastikan apakah usulan fatwa haram money politic tersebut akan efektif diterapkan di Indonesia.

"Kita harus berupaya. Efektif tidak efektif itu entar dulu. Yang penting money politic ini tidak meluas. Sekarang kan sudah menjadi trend, bagaimana menjadikannya tidak trend lagi. Yang penting usaha dulu lah," tutupnya. (Okezone, 13 September 2012)
Bagikan:
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright 2008-2013 DPC PPP Kabupaten Tegal | Design by Eko Mahendra Ridho | Powered by Blogger.com.